4 Efek Terapi Bekam Bagi Kesehatan

Vilons Pedia - Akhir-akhir ini pengobatan alternatif terapi bekam bukanlah hal yang asing lagi. Daripada menggunakan obat-obatan kimia, banyak orang yang mulai beralih ke terapi bekam. Diliriknya bekam sebagai pengobatan alternatif dikarenakan hasil penelitian medis yang mengungkap bahwa bekam memiliki berbagai manfaat atau efek kepada pasien yang melakukan terapi bekam.


Selain alasan tersebut, bekam cukup diminati karena harga jasanya yang sangat terjangkau. Bahkan kebanyakan praktisi terapi bekam tidak mematok tarif kepada pasien alias seikhlasnya. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan besar atas peralihan obat-obatan kimia yang mahal harganya.

Lalu, apa saja sih manfaat atau efek terapi bekam bagi kesehatan kita? Yukk simak penjelasan berikut:

1.  Kesehatan kulit
Terapi bekam memberikan stumulasi peredaran darah di bawah kulit. Hal ini dapat meningkatkan nutrisi yang diberikan pada kulit dan rambut. Seperti yang kita tahu bahwa bekam menggunakan metode penghisapan pada permukaan kulit. Metode ini akan meningkatkan metabolisme dalam kulit dan mengurangi penyakit-penyakit kulit hingga mengurangi kerontokan rambut.

2.  Kesehatan otot
Selain memberikan stimulasi peredaran darah pada bagian kulit, bekam juga menstimulasi pada bagian otot sehingga dapat mengurangi kekejangan otot. Bekam juga dapat menghilangkan asam laknat pada otot dan mengurangi kelelahan.

3.  Reproduksi sel-sel darah
Darah-darah yang dikeluarkan saat bekam merupakan darah kotor atau toksin yang tidak baik untuk tubuh. Dengan keluarnya darah kotor atau toksin tersebut, maka tubuh akan mereproduksi sel-sel darah yang baru sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

4.  Menurunkan kadar kolesterol
Sebagaimana dijelaskan pada poin ketiga, darah kotor yang keluar pun bisa berupa darah yang memiliki kandungan kolesterol jahat yang tinggi. Melakukan bekam secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tentu saja dibalik manfaat bekam, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, kita harus tahu kapan waktu tidak tepat melakukan bekam agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
First


EmoticonEmoticon